6 Cara Bayar BPJS Pertama Kali di Indomaret Terlengkap Beserta Syarat

cara bayar bpjs pertama kali di indomaret

Cara bayar bpjs pertama kali di indomaret – BPJS merupakan program layanan kesehatan yang sangat penting bagi masyarakat, program inilah yang akan menjadi jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat indonesia.

Peserta BPJS pun kini beragam, mulai dari masyarakat kurang mampu hingga masyarakat menengah ke atas, jika masyarakat kurang mampu maka pemerintah dengan sukarela akan membantu membayar iurannya.

Iuran dalam membayar BPJS pun kian dipermudah, banyak metode pembayaran yang bisa dilakukan, mulai dari melakukan pembayaran lewat ATM, internet banking, teller bank serta kantor pos.

Namun yang tak kalah bagusnya adalah kini telah tersedia pembayaran melalui mini market, yaitu indomaret maupun alfamart, kita bisa melakukan pembayaran iuran BPJS dengan mudah dan praktis sesuai dengan keinginan kita.

Baca Juga: 5 Cara Bayar Cicilan Akulaku Di Indomaret Terbaru Dengan Mudah

Dengan kemudahan pembayaran tersebut kini peserta BPJS semakin bertambah, semakin banyak masyarakat yang kini peduli dengan kesehatan dirinya.

Oke maka dari itu kali ini Jambibreak akan membahas bagaimana cara bayar BPJS pertama kali di indomaret, penasaran dengan caranya? maka simaklah ulasan berikut hingga akhir agar kalian menemukan jawabannya!

Cara bayar BPJS pertama kali di indomaret

cara bayar bpjs pertama kali di indomaret

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Datang ke indomaret

Hal yang pertama harus kamu lakukan tentunya adalah mendatangi indomaret terdekat yang ada di kotamu, dan jangan lupa untuk membawa kartu atau nomor BPJS kamu.

2. Tunjukkan kode pembayaran / virtual account

Setelah sampai di indomaret terdekat maka lanjutkan untuk menuju ke kasir, sampaikan ke pihak kasir jika kalian ingin melakukan pembayaran BPJS di indomaret.

3. Kasir akan input data

Silahkan sebutkan saja nomor BPJS ataupun serahkan kartumu kepada pihak kasir agar mereka dapat menginput data, dan berikan juga nomor HPmu agar kamu dapat menerima pemberitahuan pembayaran.

Baca Juga: 8 Cara Bayar Shopee di Indomaret Pakai Mesin Beserta Syarat & Tipsnya

4. Konfirmasi akun BPJS

Pihak kasir akan menginformasikan jumlah tagihan yang harus dibayar dan jumlah tanggungan serta biaya admin dengan nominal Rp 2.500,-.

5. Lakukan pembayaran

Setelah proses input data dan konfirmasi akun BPJS dirasa sudah sesuai maka selanjutnya tinggal melakukan proses pembayaran sesuai dengan tagihannya, selanjutnya pihak kasir akan memberikan struk bukti pembayaran yang telah di stempel.

6. Struk pembayaran

Jika kamu sudah melakukan pembayaran dan sudah menerima struk bukti pembayarannya maka simpanlah struk tersebut untuk dijadikan bukti yang sah bahwasanya kamu telah bayar bpjs di indomaret.

Begitulah cara melakukan pembayaran iuan BPJS pertama kali di indomaret, namun sebelum kamu melakukan pembayaran di indomaret alangkah baiknya kamu harus mengetahui informasi lainnya tentang pembayaran BPJS agar kamu tidak salah langkah dan tidak ada kendala ketika ingin membayar iuran BPJS, maka simaklah penjelasan berikut ini hingga akhir!

Baca Juga: Cara Bayar Lazada di Indomaret | Berapa Minimal Biayanya Terbaru

Syarat bayar BPJS pertama kali di indomaret

cara bayar bpjs pertama kali di indomaret

Untuk membayar iuran BPJS kesehatan di Indomaret, kamu hanya perlu menyiapkan nomor virtual account atau kode pembayaran yang akan diberikan oleh petugas BPJS kesehatan.

Kategori peserta BPJS kesehatan

Dalam menyelenggarakan pelayanan jaminan kesehatannya, BPJS Kesehatan membagi pesertanya menjadi dua kategori, yaitu peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran) dan peserta non-PBI.

Peserta PBI adalah masyarakat miskin yang tidak mampu membayar iuran, sehingga iurannya ditanggung oleh pemerintah. Sedangkan peserta non-PBI adalah mereka yang termasuk dalam kategori mampu atau berasal dari lapisan ekonomi menengah ke atas. Peserta non-PBI dibagi lagi menjadi beberapa bagian antara lain:

1. Pekerja penerima upah dan anggota keluarganya

Peserta non-PBI-BPJS yang dimaksud dengan pegawai dalam hal ini adalah setiap orang yang menerima gaji, upah, atau imbalan dalam bentuk lain. Diantaranya adalah pegawai negeri sipil (PNS), pimpinan dan anggota DPR, anggota TNI dan POLRI, pegawai pemerintah non kedinasan dan pegawai swasta.

Baca Juga: Cara Bayar Tagihan Kartu Halo Lewat Indomaret

2. Pekerja bukan penerima upah dan anggota keluarganya

Yang dimaksud di sini adalah setiap orang yang bekerja tanpa upah dan bergantung pada pendapatan dari perusahaannya sendiri. Seperti non-pekerja atau wiraswasta.

3. Bukan pekerja dan anggota keluarganya

Pengangguran adalah mereka yang tidak bekerja tetapi mampu membayar iuran jaminan kesehatannya secara mandiri. Peserta yang termasuk dalam kategori ini antara lain investor, pengusaha, veteran, pensiunan, dan perintis kemerdekaan.

Biaya iuran BPJS kesehatan

Untuk peserta BPJS non-PBI, peserta harus membayar biaya sesuai dengan kelas yang dipilih. Yaitu Rp. 150.000 untuk Kelas 1, Rp. 100.000 untuk Kelas 2 dan Rp. 35.000 untuk Kelas 3.

Untuk pekerja upahan yang bekerja di lembaga negara, iuran ini langsung dipungut sebesar 5 persen dari gaji pokok per bulan. Dengan syarat 3 persen ditanggung pemberi kerja (otoritas) dan 2 persen ditanggung peserta.

Sedangkan pekerja penerima upah yang bekerja di BUMN, BUMD atau swasta akan dikenakan iuran BPJS bulanan sebesar 5 persen dari upah bulanan. Dengan syarat 4 persen ditanggung pemberi kerja dan 1 persen ditanggung peserta.

Seluruh peserta peserta program BPJS kesehatan wajib membayar iuran jaminan kesehatan paling lambat tanggal 10 setiap bulannya. Apabila tanggal 10 jatuh pada hari libur nasional, premi akan dibayarkan pada hari kerja berikutnya.

  • Tarif BPJS Kelas I : Rp. 150.000
  • Tarif BPJS Kelas II : Rp. 100.000
  • Tarif BPJS Kelas III : Rp Rp. 35.000

Denda keterlambatan pembayaran BPJS kesehatan

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2016 tentang jaminan kesehatan, terdapat peraturan baru untuk BPJS Kesehatan. Berdasarkan peraturan tersebut, BPJS Kesehatan akan menghentikan sementara kepesertaan jika pembayaran iuran kesehatan tertunda lebih dari satu bulan sejak tanggal 10.

Dan jika ingin mengaktifkannya lagi, harus membayar denda atau pascabayar. Dengan pembayaran maksimal 12 bulan (walaupun tunggakan 3 tahun) dan maksimal Rp 30.000.000,-. Selain itu, anda akan didenda 2,5% dari biaya rumah sakit jika digunakan sebelum 45 hari setelah aktivasi.

Baca Juga: Cara Bayar Kredivo Lewat Indomaret

Contoh: Total biaya perawatan rumah sakit setelah diagnosa sementara adalah Rp 6.000.000. Jumlah pembayaran tambahan adalah 5 bulan. Maka denda yang harus dibayar adalah:

Rp 6.000.000 x 2,5% = Rp 150.000, perhitungan selanjutnya adalah Rp 150.000 x 5 = Rp 750.000.

Jadi denda yang harus dibayarkan di kantor BPJS adalah Rp 750.000. Perlu diketahui bahwa setelah membayar denda (dengan serangkaian proses), fasilitas kesehatan baru akan didapat.

FAQ

cara bayar bpjs pertama kali di indomaret

1. Kapan waktu bayar BPJS kesehatan pertama kali?

Setelah mendaftar kepesertaan BPJS Kesehatan, anda akan menerima kode pembayaran atau nomor virtual account. Kapan pertama kali iuran BPJS Kesehatan harus dibayarkan?

Berdasarkan informasi yang diterima, pembayaran iuran BPJS kesehatan dilakukan paling cepat 14 hari atau paling lambat 30 hari setelah pendaftaran.

Baca Juga: Cara Bayar Shopee Lewat Indomaret

Pembayaran iuran BPJS dapat dilakukan secara online, seperti transfer bank dan non bank, atau offline di Indomaret.

2. Berapa lama BPJS aktif setelah pembayaran pertama?

Berdasarkan informasi yang kami terima, Kartu BPJS Kesehatan akan langsung aktif setelah pendaftaran khusus untuk Peserta Penerima Bantuan (PBI) Kelas III dan Mandiri. Sedangkan untuk peserta lainnya, harus menunggu 14 hari dan melakukan pembayaran pertama.

Demikianlah rangkuman lengkap dari kami mengenai cara bayar bpjs pertama kali di indomaret, semoga dengan adanya informasi kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.