Live Audio Rooms Resmi Diluncurkan Facebook, Hadir Sebagai Pesaing Clubhouse

Facebook telah meluncurkan fitur barunya, yang disebut-sebut sebagai pesaing aplikasi Clubhouse. Yakni “Live Audio Rooms” dimana layanan baru ini hanya tersedia untuk pengguna Facebook di Amerika.

Kehadiran layanan baru dari Facebook ini sudah dikenal sejak awal tahun 2021, dimana banyak pengamat yang mengatakan bahwa layanan Live Audio Rooms ini akan menjadi pesaing aplikasi Clubhouse dan layanan baru lainnya. Mengapa menjadi pesaing yang kuat? karena Ruang Audio Langsung ini dapat digunakan langsung dari perangkat Android dan iOS.

Fitur Live Audio Rooms

Live Audio Rooms adalah layanan di aplikasi Facebook dan pengguna dapat menggunakannya untuk membuat grup obrolan audio virtual untuk rapat atau hanya obrolan biasa. Anda yang sudah berada di grup Ruang Audio Langsung dapat mengundang orang lain untuk bergabung.

Selain itu, ada fitur menarik yang biasanya Anda lihat di platform streaming game Twitch, di mana host di Ruang Audio Langsung dapat memberikan sistem donasi untuk mendukungnya di pembuat konten yang lebih baik, atau untuk hal lain seperti berdonasi ke badan amal tertentu dapat digunakan sebagai yayasan.

Pemirsa Live Audio Rooms dapat melakukan deposit untuk membeli mata uang khusus di sana, yaitu “bintang”, yang nantinya dapat diberikan kepada penyelenggara Ruang Audio Langsung yang mereka sukai.

Barisan depan, atau front row, seolah menjadi kebanggaan tersendiri bagi para penonton yang akunnya bisa menjadi barisan depan pembawa acara karena telah “membintangi” mereka. Fitur barisan depan ini dirancang khusus untuk pemirsa yang secara teratur mengirim bintang ke presenter favorit mereka.

Pada tahap awal ini, Facebook masih selektif dalam memberikan hak sebagai tuan rumah/pembuat konten di ruang audio langsung ini, dimana hanya 50 host yang dipilih, dari tokoh masyarakat dan juga pembuat konten, yang berada di Amerika Serikat seperti D Smoke, Kehlani, Reggie Watts, Lisa Morales Duke, Dr. Jess, Bobby Berk, Tina Knowles-Lawson, Joe Budden dan DeRay Mckesson.

Untuk membuat layanan Live Audio Rooms lebih populer, Facebook berencana untuk mengintegrasikan fitur ini ke dalam grup Facebook untuk akses yang lebih mudah ke fitur tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.