Cara Beli Tiket Kereta Api Di Indomaret Terbaru Dengan 2 Metode

cara beli tiket kereta api di indomaret

Cara beli tiket kereta api di indomaret – Membeli tiket kereta api dari Indomaret sangat mudah dan praktis. Banyaknya Indomaret di kota-kota kecil memudahkan masyarakat untuk menjangkau pemesanan tiket kereta api.

Di Indomaret, mesin biasanya disediakan untuk pelanggan. Mesin ini bekerja secara otomatis dan bersifat layar sentuh. Mesin ini adalah komputer dengan aplikasi i-Kios yang terinstal. Dengan i-kios ini kita bisa membeli tiket kereta api secara online jika diinginkan.

Seperti diberitakan dalam buku Online Trading: How to Do Business on Internet yang ditulis oleh Jonathan Sarwono dan K Prihartono, A.H., teknologi informasi, seperti halnya komputer, berperan penting dalam transaksi bisnis ketika terjadi transisi dari proses manual ke komputerisasi.

Perkembangan internet memungkinkan perusahaan untuk melakukan transaksi bisnis secara online dan mobile.
Kemajuan dalam pembangunan dan teknologi memberikan dampak yang besar bagi kehidupan masyarakat. Yang dulunya dilakukan secara manual kini bisa dinikmati secara online.

Kami ingin memberi tahu anda cara beli tiket kereta api di indomaret terbaru secara online. Beli tiket kereta api di Indomaret atau di mini market terdekat kategori jalur eksternal. Saluran eksternal merupakan hasil kerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan bersifat resmi. Jadi jika anda membeli tiket dari Indomaret jangan khawatir, ini asli dan resmi dan sesuai dengan penjualan tiket di loket stasiun karena sudah terkoneksi (internet).

Biasanya ada minimarket Indomaret di sebelah stasiun tempat anda dapat membeli tiket kereta api, baik untuk memesan atau untuk berangkat hari itu. Di Indomaret Anda dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 7.500 per transaksi (satu struk). Contoh: Transaksi dengan 4 penumpang hanya akan dikenakan biaya Rp 7.500 satu kali. Jika penumpang ada 8 berarti jika menggunakan 2 struk pembelian maka akan dikenakan biaya Rp 15.000.

Menyiapkan Persyaratan

Sebelum membeli tiket kereta api di Indomaret, persiapkan hal-hal berikut ini:

  • Kartu Tanda Penduduk Anda dan Teman Anda (bila memesan tiket lebih dari 1 orang).
  • Waktu keberangkatan (hari dan jam).
  • Cukup uang untuk membayar tiket.
  • Nomor kursi yang ingin Anda duduki

Jika persyaratan diatas sudah anda lengkapi, silahkan datang ke Indomaret terdekat. Berikut panduan cara beli tiket kereta api di indomaret:

Ada dua cara beli tiket kereta api di indomaret yaitu dengan membeli tiket dari mesin Indomaret dan melalui kasir Indomaret.

Cara beli tiket kereta api di indomaret dengan 2 metode

1. Cara beli tiket kereta api di indomaret melalui mesin

cara beli tiket kereta api di indomaret

Berikut adalah langkah – langkah cara beli tiket kereta api di indomaret

  • Silakan pergi ke indomaret terdekat dari rumah Anda.
  • Pergi ke komputer yang disediakan untuk pelanggan.
  • Pilih menu i-Ticket.
  • Pilih menu tiket kereta api.
  • Setelah memilih menu tiket kereta, layar komputer akan menampilkan pilihan keberangkatan, tujuan, kelas, jumlah (orang) dan jadwal keberangkatan, yang semuanya perlu diisi.
  • Klik menu keberangkatan, maka anda perlu memilih lokasi stasiun kereta api sebagai titik keberangkatan.
  • Pilih menu tujuan, lalu tentukan di mana tujuan kereta yang anda tuju berhenti. Lebih tepatnya, di stasiun mana anda memutuskan untuk turun.
  • Untuk menu kelas, anda bisa memilih kelas yang sesuai dengan budget. Anda dapat memilih antara Kelas Eksekutif atau Ekonomi.
  • Tentu saja, semakin tinggi kelasnya, semakin mahal harganya relatif terhadap fasilitas yang di dapatkan sepanjang jalan.
  • Silahkan isi menu jumlah orang sesuai dengan jumlah orang yang bepergian. Jangan lupa untuk menghitung jumlah anak yang berpartisipasi.
  • Kita juga dapat menyesuaikan tanggal perjalanan yang diinginkan untuk jadwal keberangkatan.
  • Setelah mengisi tabel keberangkatan hingga jadwal, sebuah layar akan muncul di layar anda dengan isi data pribadi penumpang. Di sini anda perlu memasukkan nomor ponsel, nama dan nomor identitas Anda dengan benar sesuai dengan identitas yang digunakan. Nomor identitas yang digunakan mungkin cocok dengan KTP, SIM, atau paspor Anda. Silahkan isi nomor HP berbeda-beda untuk setiap orang. Sebelum melanjutkan, pastikan bahwa informasi yang Anda masukkan sudah benar dan sesuai, lalu klik tombol “Berikutnya”.
  • Layar konfirmasi pemesanan tiket akan muncul di layar. Di sini kita akan melihat total data yang telah di masukkan, serta kursi yang anda terima dan biaya tiket untuk kelas yang di pilih. Jika sesuai, silakan klik tombol Berikutnya.
  • Tanda terima muncul dari mesin dalam bentuk barcode. Anda dapat membawa tanda terima ini ke kasir dan kemudian membayar.
  • Setelah pembayaran, kita dapat menerima catatan sebagai bukti pemesanan atau reservasi tiket. Resi ini dapat ditukarkan di stasiun kereta sebelum keberangkatan.

2. Cara beli tiket kereta api di indomaret melalui kasir

cara beli tiket kereta api di indomaret

Berikut adalah langkah – langkah cara beli tiket kereta api di indomaret

  • Datang ke toko Indomaret terdekat.
  • Silakan bertanya di kasir Indomaret apakah bisa membeli tiket kereta api melalui Indomaret. Jika memungkinkan, kasir akan mengurusnya nanti.
  • Serahkan KTP untuk memasukkan nomor ID di kode booking.
  • Pilih kereta mana yang ingin di naiki.
  • Pilih tempat duduk sebagai tempat duduk anda.
  • Setelah mengisi semua yang perlu diisi, akan dikeluarkan kode booking dan pembayaran.
  • Kemudian kasir akan memproses tiket setelah membayar pemesanan.
  • Setelah membayar, simpan struk pembayaran tadi, nanti tukarkan dengan tiket di stasiun.

Simpan struk pembayaran tiket, jangan sampai hilang karena anda perlu menukarkan struk tersebut di pencetak tiket di stasiun kereta.

Perhatikan aturan berikut saat menukar tiket:

  1. Penukaran tiket biasanya berakhir 10 menit sebelum kereta berangkat,
  2. Penumpang di bawah umur 3 tahun biasanya dikenakan biaya 10% dari tiket dewasa, tetapi tidak dapat tempat duduk.
  3. Untuk anak-anak dari usia 3 tahun, tiket berlaku seperti tiket dewasa.

Harga tiket kereta api di Indomaret

Harga tiket kereta api saat dibeli dari Indomaret atau Alfamart sama dengan harga tiket kereta api melalui KAI Access kecuali ada diskon atau promosi kereta api. Tapi biasanya ada diskon saat ulang tahun PT KAI, Indomaret atau Alfamart.

Ada biaya administrasi untuk pembelian tiket kereta api dari Indomaret dan Alfamart, biasanya sekitar 7.500 rupiah, tetapi jika anda memesan tiket untuk dua orang atau lebih, anda bisa mendapatkan diskon saluran sebesar 15.000.

Nah itulah tadi rangkuman Jambibreak mengenai Cara Beli Tiket Kereta Api Di Indomaret Terbaru Dengan 2 Metode, semoga dengan adanya rangkuman kali ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya, tentunya dapat memudahkan teman2 dalam membeli tiket kereta api di indomaret, jika sudah paham kami pamit undur diri, sekian dan terimakasih.

Happy Reading 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.